Bupati Samosir Terima Sertifikat BMD Saat Rakor Penyelamatan keuangan Negara/Daerah

Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengikuti Rakor (Rapat Koordinasi) Dalam Rangka Penyelamatan Keuangan Negara/Daerah di Provinsi Sumatera Utara

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengikuti Rakor (Rapat Koordinasi) Dalam Rangka Penyelamatan Keuangan Negara/Daerah di Provinsi Sumatera Utara. Rakor berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (26/10/2023).

Turut hadir Forkopimda Samosir antara lain Ketua DPRD Sorta E Siahaan, mewakili Kapolres Kasat Reskrim Natar Sibarani, mewakili Kajari Kasi Pisdus Asor Siagian. Selain itu turut juga hadir Kepala BPN Samosir Rizki Kurniawan.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyampaikan Pemprov Sumatera Utara terus mempercepat ‘good government’ dan ‘clear government’ dalam sistem pemerintahan. ia juga berharap semua kegiatan bebas dari korupsi. Antara lain dalam sertifikasi tanah, pengelolaan pendapatan asli daerah, pemanfaatan air bawah tanah, dan lainnya.

“Untuk itu kami membutuhkan bantuan, khusunya KPK RI. Semoga seluruh rencana dapat direalisasikan secara nyata untuk kebaikan Sumatera Utara,” pungkasnya.

Koordinasi

Wakil Ketua KPK Nurul Gufron dalam sambutannya yang sekaligus membuka rapat koordinasi menjelaskan, rakor bertujuan untuk memanage gubernur, bupati/walikota dan kepala desa, supaya memiliki pemikiran dan tujuan yang sama.

“Saya berharap agar koordinasi ini tetap berjalan supaya tidak terjadi disharmoni. Kalau koordinasi tidak berjalan dengan baik, pasti banyak laporan-laporan kepada pihak ke BPKP, Inspektorat, kepolisian, kejaksaan. Dan kalau koordinasinya baik, maka rakyat akan merasakan bahwa negara hadir,” ungkapnya.

Nurul Gufron juga menyampaikan, ada empat hal yang perlu dibenahi agar korupsi tidak terjadi. Pertama sistem layanan publik yang baik. Kedua kejelasan. Ini terkait syarat-pengurusan ijin. Ketiga akuntabel, artinya pertanggungjawaban harus terukur dan rasional. Dan yang terakhir transparansi.

Usai pelaksanaan rapat koordinasi yang dilanjut dengan diskusi panel, perwakilan Kementerian ATR/BPN menyerahkan sertifikat BMD kepada Bupati Samosir dan seluruh bupati/walikota se-Sumatera utara.

Turut hadir mendampingi Bupati Samosir, Pj Sekda Rita Tavip Megawati, Inspektur Marudut Sitinjak, Kepala BPKPD Melva Siboro, mewakili Kadis Kominfo Togarma Naibaho.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment